Hati-Hati Dengan Aplikasi Penambah Daya Baterai Ponsel

Aktivitas di dunia aplikasi ponsel pintar sangat ramai. Hal ini mengakibatkan lebih banyak lagi scammer masuk ke sana dan jenis serangan serta penipuan juga semakin menjadi bervariasi.

Sebagian besar pengguna ponsel pintar tahu bahwa daya tahan baterai merupakan masalah yang tak ada habisnya. Penggunaan daya yang besar pada CPU dan layar LCD yang besar dan terang, ditambah dengan pemakaianyang sering, memerlukan daya baterai yang memadai agar pengguna beraktivitas dengan ponsel pintar sepanjang hari.

Kondisi ini mencetuskan sejumlah varian aplikasi yang ditujukan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan update status ketahanan baterai dan memberitahu Anda saat baterai Anda semakin
berkurang. Namun yang tidak dapat dipercaya adalah adanya sejumlah aplikasi yang konon dapat mengubah layar ponsel Anda menjadi pengisi  baterai dengan tenaga surya.

Symantec Intelligent Report bulan ini menyoroti satu aplikasi yang mengklaim dapat mengubah layar perangkat Anda menjadi panel tenaga surya yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai ketika terkena sinar matahari. Tapi yang sebenarnya terjadi adalah upaya pencurian data kontak dari ponsel Anda!

Symantec juga mencatat beberapa kejadian penting terkait keamanan ponsel Anda. Berikut hasilnya :

Spam
  • Rasio global spam dalam trafik email meningkat sebesar 2,9 persen poin sejak bulan Agustus, menjadi 75,2%.
  • Tidak jauh berbeda, rasio spam Indonesia dalam trafik email meningkat sebesar 2,5 persen poin sejak Agustus 2012, menjadi 74,4%.

Virus
  • Rasio global virus yang berasal dari email di trafik email adalah 1 dalam 211,1 email di bulan September, meningkat sebesar 0,04 persen poin dibandingkan dengan 1 dalam 233,1 email di bulan Agustus.
  • Tidak jauh berbeda, rasio virus yang berasal dari email di trafik email di Indonesia juga meningkat menjadi 1 dalam 430,4 email di bulan September, dibandingkan dengan 1 dalam 609,0 di bulan Agustus.




7 comments:

  1. Wah perlu waspada, terimakasih sobat atas sharingny...

    meski saya belum punya ponsel pintar,,, tapi nanti kalau saya punya kan hati2... :)

    ReplyDelete
  2. serem juga ya bro efek nya..
    thank u..

    ReplyDelete
  3. Yang penting pasang anti virus aja gan..biar aman

    ReplyDelete
  4. mantap neh artikelnya,,, sangat bermanfat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa jd pencerahaan.
      Terima kasih udah berkunjung..

      Delete
  5. Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung..Salam

      Delete